Jumat, 22 Maret 2013

Simbiosis Mutualisme Antara Kepiting Boxing dengan Anemon



Istilah “simbiosis” berarti “hidup bersama.” Hubungan simbiosis adalah keterkaitan yang terjalin diantara spesies-spesies yang secara bersama mengembangkan cara hidup saling melindungi, member makan atau memebersihkan pasangannya. Salah satu contoh hubungan yang terjalin diantara dua organism adalah hubungan yang saling menguntungkan diantara keduanya atau dikenal dengan hubungan positif – positif (+,+). Contoh hubungan simbiosis mutualisme yang terjadi di dunia bawah laut adalah simbiosis antara anemon penyengat dengan kepiting boxing yang merupakan jenis crustecea.
Dialam bebas, kepiting boxing bersimbiosis dengan anemon. Anemone adalah jenis hewan invertebrate yang hidup secara menempel pada karang. Ada 10 jenis host anemon laut di dunia dan semua itu ditemukan di Asia Tenggara.
Hubungan antara kepiting boxing dan dan anemone laut dapat terlihat dari kebersamaan mereka. Kepiting boxing biasanya akan bergantung pada anemones dan berpegangan erat padanya yang menjadikan kepiting boxing memiliki penampilan seolah-olah menggunakan sarung tinju dikedua capitnya. Tingkah laku seperti ini digunakan oleh kepiting boxing untuk melindungi dirinya dari serangan predator yang mengancam dengan cara menggerak-gerakkan anemone kecil yang terdapat pada masing-masing capitnya. Dari hubungan yang demikian, bukan hanya kepiting boxing yang memperoleh keuntungan tetapi juga anemone. Kebiasaan kepiting yang berpindah-pindah tempat mencari makanan menjadikan anemones juga memperoleh banyak makanan karena terus berada pada tubuh kepiting boxing.

2 komentar: